Makalah Ujian praktik kelompok 9 XII IPS 1

MULTIFUNCTION TABLE

Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik 
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI




Anggota Kelompok
1. Amelia……………………..12-IPS1/3
2. Cantika………………….….12-IPS1/8
3. Cindy Sutjjiono……………..12-IPS1/10
4. Fritz Adjiedragono………….12-IPS1/19



SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
---------------------------------------------------------------------------------

KATA PENGANTAR

        Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, M.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart    
    program yang dilampirakan.
2. Ibu Christine Seomawartini,S.Pd. selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing
    penulisan makalah Ujian Praktik  ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan
    proyek maket Rumag Massa Depan Helipad.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.


DAFTAR ISI

Halaman Sampul ...................................................................................................................   i
Kata Pengantar    ....................................................................................................................  ii
Daftar Isi             .....................................................................................................................  iii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang  .................................................................................................................   1
B. Rumusan Masalah ..............................................................................................................  1
C. Tujuan Manfaat
D. Batasan istilah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Rumah Massa Depan Helipad
B. Mikrokontroller
C. Lampu LED
D. Bahasa Pemrograman


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
         Pada zaman sekarang kesibukan orang-orang sudah semakin banyak. Dan karena faktor waktu yang tidak banyak beberapa orang kesulitan untuk menyelesaikan semuanya dalam satu kali kerja. Masalah itu lah yang akhirnya menginspirasi kami untuk menciptakan sebuah terobosan baru yaitu “Multifunction Table”.
            “Multifunction Table” merupakan meja dimana para pemakainya dapat melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan. “Mutifunction Table” juga akan dilengkapi sebuah kursi yang nyaman agar para pemakai nyaman untuk mengrtjakan sesuatu di meja itu. Selain itu “Multifunction Table” juga akan disertai dengan sebuah jalur kursi dimana kursi dapat pindah dari meja satu ke meja dua dengan alat kontrol yang canggih.
            “Multifunction Table” diharapkan dapat membantu setiap orang yang merasakan kesulitan bekerja di tempat atau meja yang kurang luas atau kurang canggih. Kami harap kedepannya nanti saat pengguna memakai “Multifunction Table” ini merasa lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya, selain itu kami harap agar pemakai meja ini dapat merasakan dampak yang positif dari meja ini.

Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk
“Multifunction Table” berupa maket?
2. Bagaimana merancang “
Multifuntion Table” terutama kelistrikkanya?
3. Bagaimana sistem pengendalian
“Multifunction Table” dengan sistem komputer?

C. Tujuan dan Manfaat

1. Tujuan: Membangun bentuk maket
meja sederhana tapi multifungsi.
2, Manfaat:
Meja berupa maket dapat dimanfaatkan sebagai contoh untuk mengatasi masalah pengguna meja kantoran agar lebih efisien, efektif, dan serba guna.

D. Batasan Istilah

Meja adalah perkakas atau perabot rumah yang mempunyai bidang datar sebagai daun mejanya dan berkaki sebagai penyangganya dengan bermacam-macam bentuk dan guna.

Multifungsi berarti memiliki banyak fungsi atau kegunaan
.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A. Meja Multifungsi
Meja adalah salah satu furniture yang memiliki permukaan datar dan bagian bawahnya disokong oleh empat kaki. Meja kantor umumnya memiliki laci. Yang dimaksud dengan meja kantor adalah meja yang digunakan oleh direktur, pegawai sebagai alas untuk menyelesaikan, mengerjakan pekerjaan di kantor. Selain digunakan sebagai alas, meja kantor berfungsi juga sebagai tempat meletakkan peralatan kantor seperti kertas, pena, komputer dsb. Ada berbagai pilihan meja kantor, masing-masing bisa dipilih sesuai dengan fungsi dan ukurannya. (provokator.com, 2010)

B. Arduino
Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. (Wikipedia, 2015)

C. Mikrocontroller
Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program di umumnya terdiri dari CPU (Central Processing Unit), memori, I/O tertentu dan unit pendukung seperti Analog-to-Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi di dalamnya. Kelebihan utama dari mikrokontroler ialah tersedianya RAM dan peralatan I/O pendukung sehingga ukuran board mikrokontroler menjadi sangat ringkas. (sites.google.com, 2012)

D. Speaker Multimedia
               Speaker multimedia, adalah speaker yang dijual untuk digunakan dengan komputer, walaupun biasanya dapat menggunakan audio lainnya, mis. untuk MP3 player Sebagian besar speaker semacam itu memiliki amplifier internal dan akibatnya memerlukan sumber listrik, yang mungkin oleh catu daya utama sering melalui adaptor AC, baterai, atau port USB (dapat memasok tidak lebih dari 2.5W DC, 500mA pada 5V). Konektor input sinyal sering konektor jack 3,5 mm (biasanya berwarna hijau limau hijau sesuai standar PC 99); Konektor RCA kadang-kadang digunakan, dan port USB dapat menyediakan sinyal dan daya (memerlukan sirkuit tambahan, dan hanya cocok untuk digunakan dengan komputer). Speaker nirkabel berkabel daya baterai tidak memerlukan koneksi sama sekali. Sebagian besar komputer memiliki speaker dengan kekuatan dan kualitas rendah yang terpasang; Saat speaker eksternal tersambung, mereka menonaktifkan speaker bawaan. Altec Lansing mengklaim telah menciptakan pasar speaker komputer pada tahun 1990.

E. Sensor
               Sensor adalah perangkat, modul, atau subsistem yang tujuannya adalah untuk mendeteksi kejadian atau perubahan lingkungannya dan mengirimkan informasi ke elektronika lainnya, seringkali merupakan prosesor komputer. Sebuah sensor selalu digunakan dengan peralatan elektronik lainnya, apakah sesederhana cahaya atau serumit komputer.


F. Lampu LED
               Lampu LED adalah produk diode pancaran cahaya (LED) yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu LED memiliki usia pakai dan efisiensi listrik beberapa kali lipat lebih balik daripada lampu pijar dan tetap jauh lebih efisien daripada lampu neon, beberapa chip bahkan dapat menghasilkan lebih dari 300 lumen per watt. Pasar lampu LED diperkirakan akan meningkat hingga 12 kali lipat dalam satu dekade ke depan, dari US$2 milyar diawal tahun 2014 menjadi US$25 milyar pada tahun 2023. Lampu LED hanya butuh energi sebesar 10% dari energi yang dibutuhkan lampu pijar.


G. Kerangka Konsep Berpikir 



BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK

A. Multifunction Table
          Sebuah ruangan maket yang dilengkapi dengan 2 meja dan 1 kursi. Dimana kursi tersebut nantinya dapat bergerak ke arah 2 meja tersebut melalui beberapa tombol kontrol yang tersedia.

B. Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
    a. Karton
    b. Lem
gabus
    c. Gabus
    d. Triplek
    e. Aksesoris
2. Elektronika
   a. Mikrokontroller Arduino
   b. Led dan Resistor
   c. Sensor dan Spiker
   d. Kabel
   e. Motor

C. Bog Diagram Proyek
   Gambar diagram blok antara komponen-komponen proyek termasuk rangkaian elektronika
kelistrikannya. Atau foto maket atau proyek




D. Cara Kerja Proyek Umum
        Kursi di ruangan maket akan dapat bergerak jika ditekan tombol yang sudah diatur melalui pemrograman. Kursi tersebut akan bergerak ke arah meja dimana meja akan terletak di antara kedua kursi. Sensor, lampu, dan suara akan bekerja pada saat yang bersamaan. Saat kursi berjalan maka musik akan menyala. Lampu akan menyala saat kursi berad tepat di depan meja yang kan dituju. Agar dimana kursi berada meja itulah yang akan menyala lampunya.


BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK

A. Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket
ruangan dengan multifunction table dirancang  dengan ukuran kecil:
       Luas area : 30x40 cm
       Luas bangunan: 20x30 cm
       Perbandingan Maket dan Real: 1:10.000
       Panjang bangunan: 30 cm
       Lebar bangunan: 20 cm
       Tinggi bangunan: 40 cm
Spesifikasi Bahan
      Alas Triplek 30x40 cm tebal 4 cm
      Bahan dinding dan Apat: Karton tebal 2mm
      Lem merk G
Spesifikasi Alat Listrik
      Mikontroller Type Atmega328
      Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
      Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
      Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
      Timah ukuran 40x60
      Sensor cahaya
      Tombol push on

B. Kinerja Proyek
Kelebihan Proyek
     Kelebihan dari proyek ini adalah dapat mensimulasi protype multifunction table dan diharapkan dapat direalisasi dengan ukuran sesuai kebutuhan. Lampu serta alat otomatis yang lain dapat diataur waktu aktifnya dengan mengubah kontrol waktu program. Selain itu sensor juga dapat membantu menghemat listrik yang ada di ruang kantor tersebut. Karena lampu hanya akan menyala di tempat kursi itu ada.

Kelemahan Proyek
     Karena bahannya maket dari triplek dan karton akan sangat rawan terhadap air dan angin dalam kurun waktu 1 sd 3 bulan maket ini sudah melengkung.


C. Flowcart Program


D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
    Tuliskan program C++ yang diupload ke memori chip Arduino  dan penjelasaan program dibelakang tanda //
 
        int lampu1=2;                               //led1 dipasang dipin2 arduino
        int lampu2=3;                               // led3 dipasang di di pin 3
        int tombol=4;                                // tombol di pasang dipin 4
        int  kipas=5;                                  // kipas di pasang dipin 5
        int  lampudisko=6;                        // lampudisko di pasang dipin 6
        int  x;                                             //  x diseting sebagai  bilangan bulat
void setup () {                                       // seting semua pin arduino di bawah
      pinMode (lampu1,OUTPUT);        // pin 2 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (tombol,INPUT);            // pin 2 di setting sebagai INPUT
      pinMode (lampu3,OUTPUT);        // pin 3 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampudisko,OUTPUT);   // pin6 di setting sebagai OUTPUT
       pinMode (kipas,OUTPUT);            // pin 5 di setting sebagai OUTPUT
       ........................
       .........................
        ........................

 void loop (){                                       // jalankan semua program di bawah secara berulang-ulang
      x=digitalRead(tombol);                 // baca kondisi tombol, hasilnya dijadikan nilai x     (
      if (x==1) {
      digitalWrite(lampu1,HIGH);        //kirim tegang tinggi 5 volt ke pin2 atau nyalakan lampu1
      digitalWrite(lampu2,HIGH);         //kirim tegangan tinggi 5 volt ke pin3 atau nyalakan lampu2
      digitalWrite(kipas,HIGH);            //kirim tegangan tinggi 5 volt ke pin 5 atau nyalakan kipas
      digitalWrite(lampudisko,HIGH); //kirim tegangan tinggi 5 volt ke pin6 atau nyalakan lampudisko
     }
      else {                                             //selain di atas eksekusi program di bawah
      digitalWrite(lampu2,LOW);         //nyalakan lampu2
      digitalWrite(kipas,LOW);            //nyalakan kipas angin atau ac
      digitalWrite(lampudisko,LOW);  //nyalakan lampudisko
       delay(500);                                  //tahan nyala lampu1 selama setengah detik
      }

BAB V
KESIMPULAN

A.    Kesimpulan
“Multifunction Table” dapat memudahkan pengguna dalam bekerja dan menurunkan stress. Selain itu Multifunction Table juga memudahkan pengguna untuk bekerja di suatu tempat. Agar sekali kerja dapat menyelesaikan banyak hal.

B.     Kesan Saran
Lebih dibikin menarik lagi nanti untuk kedepannya, selain itu mungkin designnya di perbanyak lagi. Furniturenya lebih banyak lagi agar ruangan kantor terlihat lebih ramai.



                                                                     



DAFTAR PUSTAKA
Andy,Dkk, 2015. Sistem pemrogram Pascal, C++ dan Asembly. Pt. Erlangga Surabaya, Halalaman
                      12 sd 25. Jakarta

Nuh.M. 2000. Komponen Elektronika Aktif Pasif untuk Rangkaian Elektronika Sederhana, PT 
                       Gramedia, Halaman 5 sd 12. Surabaya.

Samudra, 2016. Mikrokontroller Atmega823, Materi TIK Kelas 12 SMA Santa Maria Surabaya,
                    MGMP Kota Surabaya

____________,2017. Teknik Pembuatan Maket Rumah Karton. https://maket.blogspot.com.  

                        Google.com, di akses Rabu,18 juli 2017. 12.50.50


Komentar

Posting Komentar